Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Rabu, 24 Juni 2020
shade

20200423 221903

Ketua Pengadilan Negeri Pinrang Bapak Adil Kasim, S.H., M.H resmi melantik 3 orang Hakim dalam Sidang Luar Biasa Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pengadilan Negeri Pinrang yaitu Ibu Sriwahyuningsih, S.H., Bapak Rio Satriawan S.H., dan Bapak Prambudi Adi Negoro, S.H., pada Hari Kamis 23 April 2020 bertempat di Ruang Sidang II di Lantai 2 Pengadilan Negeri Pinrang.

Sebelumnya ketiga orang Hakim yang dilantik tersebut telah menjalani Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu dan melaksanakan magang di satkernya masing-masing yaitu Pengadilan Negeri Sumedang , Pengadilan Negeri Pamekasan dan Pengadilan Negeri Kudus.

 

 

20200423 223524

Pelantikan Hakim Pengadilan Negeri Pinrang dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 540/DJU/SK/KP04.5/3/2020 Tentang Pengangkatan Hakim Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum tanggal 19 Maret 2020 dan pelantikan ini pula dilaksanakan dengan tetap memperhatikan himbauan Pemerintah Republik Indonesia tentang Protokol Pencegahan Covid-19, sehingga acara pelantikan hanya dihadiri secara terbatas oleh Wakil Ketua, Hakim pegawai Pengadilan Negeri Pinrang serta pihak keluarga yang jumlahnya dibatasi. Seluruh yang hadir dalam acara pelantikan diwajibkan menggunakan masker dan tempat duduk diatur berjarak sehingga seluruh yang hadir duduk berjauhan.

20200424 111423

Acara Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dimulai pada pukul 09.00 WITA dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pinrang Bapak Adil Kasim, S.H., M.H. Bertindak sebagai saksi yaitu Hakim Pengadilan Negeri Pinrang Bapak Andi Aqsha, S.H., sebagai Saksi 1 dan dan Ibu Yusdwi Yanti S.H sebagai Saksi ke 2 acara pelantikan berlangsung tertib dan khidmat.

Ketua Pengadilan Negeri Pinrang dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan Hakim merupakan jabatan yang didambakan oleh banyak orang, hanya orang-orang terpilih yang dapat meraihnya maka tugas dan tanggungjawabnya juga besar, mengutip kata pepatah “semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin yang menerpa”, namun Ketua Pengadilan Negeri Pinrang berpesan untuk jangan takut agar bisa maju dengan tetap memohon perlindungan dan petunjuk kepada Allah SWT. Ketua Pengadilan Negeri Pinrang juga menegaskan kepada para Hakim yang baru dilantik untuk mengamalkan dan memahami 10 butir kode etik perilaku hakim, terutama pada butir kedua dan kelima yaitu berperilaku jujur dan berintegritas tinggi. Mengapa kejujuran penting karena mendorong kepribadian yang kuat dan integritas tinggi dapat menjadikan pribadi-pribadi yang berpegang teguh. Ketua Pengadilan Negeri Pinrang juga berharap agar para Hakim yang baru dilantik agar segera beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan Pengadilan Negeri Pinrang, belajar kepada para Panitera, Kasub dan Panmud serta memahami SOP dan inovasi-inovasi teknologi informasi di Pengadilan Negeri Pinrang.

20200423 223314

Pada kesempatan tersebut para Hakim yang baru dilantik juga memperkenalkan diri masing-masing dihadapan seluruh yang hadir.

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan ini kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama.

 

20200423 223830

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1