Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Rabu, 01 April 2020
shade

20200213 192042

Foto Bersama Kepala Balai Permasyarakat Anak (BAPAS) Kelas 1A Makassar dan Para Petugas Permasyarakatan Anak (BAPAS)

Kelas IA Makassar dengan Ketua Pengadilan Negeri Pinrang Kelas II

Rabu, 12 Februari 2020 Pengadilan Negeri Pinrang mendapat kunjungan Kepala Balai Permasyarakat Anak (BAPAS) Kelas 1A Makassar Ibu Alfrida , S.H., M.H, didampingi para Petugas Kemasyarakatan (PK) Madya diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pinrang Bapak ADIL KASIM, S.H. , M.H di ruang kerjanya. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi penanganan perkara-perkara anak.

WhatsApp Image 2020 02 13 at 17.34.06

Foto Rapat Koordinasi Penanganan Perkara-Perkara Anak

di ruang Kerja Ketua Pengadilan Negeri Pinrang

Dalam rapat koordinasi tersebut beberapa hal yang dibahas yaitu Mengenai perkara anak yang telah diputuskan oleh Pengadilan dan telah berkekuatan hukum tetap, dimana anak tersebut setelah menjalani pidana pokoknya berupa pidana penjara usianya tidak lagi dikategorikan anak sehingga pidana tambahannya berupa pelatihan kerja di balai pelatihan kerja anak ditolak oleh balai karena anak bukan lagi dikategorikan anak, dan anak tersebut setelah dikoordinasikan dengan balai latihan kerja Makassar untuk menjalani pidana tambahan juga mengalami kendala dimana balai latihan kerja hanya bisa memberikan pelatihan kerja selama 2 (dua) bulan serta tidak ada sarana penginapan sedangkan pidana tambahan yang harus dijalankan selama 1 (satu) tahun. Atas permasalahan tersebut Kepala Bapas koordinasi mengenai pidana tambahan tersebut untuk dicarikan solusi.

Hal lainnya yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut mengenai laporan atau penetapan perkara anak yang berhasil diversi oleh Penyidik kepolisian tidak ada tembusan penetapannya ke Bapas padahal perkara anak tersebut sudah di buatkan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) oleh Petugas Kemasyarakatan Anak. Dan banyak hal lain yg dibahas dalam rangka pembinaan anak berkonflik dengan hukum.

Bahwa hal yang menggembirakan dalam rapat koordinasi tersebut semua permasalah tersebut dapat diselesaikan dan didapatkan solusi hukumnya. Sehingga Ketua Pengadilan Negeri Pinrang dan Kepala Bapas Anak Makassar berkomitmen untuk terus berkomunikasi dan berkoordinasi dalam menyelesaiakan permasalahan permasalahan Anak yang berkonflik dengan hukum.

 

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1