Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Jumat, 28 Februari 2020
shade

01

03

Jum'at, 27 Desember 2019, bertempat di ruang sidang Pengadilan Negeri Pinrang telah berlangsung kegiatan Sosialisasi Elektronik Persidangan dan Elektronik Surat Keterangan (e-Court , e-Litigasi dan e-Raterang). Sosialisasi dihadiri oleh 30 undangan yang terdiri dari, para Advokat, Kepala Cabang Bank yang ada di Kabupaten Pinrang, Camat, POSBAKUM serta seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Pinrang. Materi Sosialisasi dibawakan langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pinrang, Adil Kasim, S.H.,M.H. sebagai Narasumber. Dalam acara tersebut Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pinrang menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir dengan mengutip pernyataan Bapak Ketua Mahkamah Agung RI “ Sebelum Fajar Menyingsing Awal Tahun 2020, Seluruh Pengadilan Indonesia Telah Mengimplementasikan e-Litigasi” , untuk itu Sosialisasi ini dilaksanakan guna menyongsong Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik, bahwa di awal tahun 2020 akan diberlakukan e-litigasi di setiap pengadilan di seluruh Indonesia.

 05

04

 

E-court dan E-litigasi merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung Republik Indonesia di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. Kemudian Tahun 2019 Mahkamah Agung mengeluarkan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik. PERMA Nomor 1 Tahun 2019 ini dengan cakupan e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online) dan e-Litigation (Persidangan Secara Elektronik).

06

02

Setelah pemaparan materi e-court dan e-litigasi dilanjutkan dengan pemaparan tentang aplikasi Surat Keterangan Elektronik (e-Raterang) yang merupakan sebuah layanan permohonan surat keterangan secara elektronik yang dapat diakses oleh Pemohon dimanapun berada (selama ada akses internet baik melalui komputer atau pun smartphone). Pada acara tersebut dilakukan juga simulasi tata cara pendaftaran perkara secara elektronik dan tata cara pembuatan permohonan surat keterangan elektronik. Acara diakhiri dengan tanya jawab dengan para peserta yang hadir seputar materi Sosialisasi yang telah disampaikan dan foto bersama dengan para undangan yang hadir.

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1