Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Rabu, 20 Februari 2019
shade

IMG 7457 FILEminimizer

Pinrang, 22 Januari 2019. Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Pinrang pada hari Selasa 22 Januari 2019 menggelar acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri Pinrang dengan Yayasan Rumah Hukum Lasinrang.

Pengadilan Negeri Pinrang memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh keadilan termasuk akses untuk memperoleh keadilan bagi masyarakat yang tidak mampu dengan menyelenggarakan kegiatan pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu. Hal tersebut  mengacu pada ketentuan pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu pada pengadilan dengan berpedoman pada Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Berdasarkan ketentuan tersebut, setiap pengadilan dibentuk Posbakum Pengadilan dengan memberi layanan berupa Pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, Bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, Penyediaan informasi daftar organisasi bantuan hukum sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan bantuan hukum dengan cuma-cuma.Oleh karena itu Pengadilan Negeri Pinrang melaksanakan kerjasama dengan Yayasan Rumah Hukum Lasinrang sebagai penyedia Layanan Pos Bantuan Hukum di Pengadilan Negeri Pinrang.

20190122 095115

Acara penandatanganan perjanjian dimulai pada pukul 09.00 WITA tidak hanya dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Negeri Pinrang, turut hadir Bupati Pinrang, Bapak Dr. H. Andi Aslam Patonangi, M.Si, Ketua DPRD Pinrang, Bupati terpilih Kabupaten Pinrang periode 2019-2024 Bapak H. Andi Irwan Hamid, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Pinrang, Ketua Pengadilan Agama Pinrang, Kepala Rumah Tahanan Negara Pinrang, Pimpinan Lembaga Yayasan Rumah Hukum Lasinrang dan mewakili Kapolres Pinrang yaitu Wakapolres Pinrang.

20190123 151100

Acara diawali dengan sambutan oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Pinrang, Bapak Adil Kasim, S.H.,M.H, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan utama dari layanan bantuan hukum ini adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang hukum melalui penghargaan pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-hak dan kewajiban masyarakat tersebut. Sehingga untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut maka perlu diadakan kerjasama kelembagaan dengan pemberian Layanan Posbakum Pengadilan. Kerjasama dalam pemberian layanan pos bantuan hukum ini telah dimulai dengan membuka penawaran sejak awal bulan Januari 2019 dan telah melalui seleksi oleh panitia seleksi maka melalui seleksi tersebut terpilihlah Yayasan Rumah Hukum Lasinrang sebagai penyedia layanan. Terpilihnya Yayasan Rumah Hukum Lasinrang ini selain karena terpenuhinya berbagai syarat Administrasi yang diisyaratkan juga terpenuhinya syarat Akreditasi dan yang lebih penting, Yayasan Rumah Hukum Lasinrang ini didirikan, dijalankan dan dikelola oleh Putera-Puteri daerah Pinrang sehingga diharapkan Yayasan Rumah Hukum Lasinrang ini bukan hanya menjalankan tugas pokok dan fungsinya memberikan pendampingan, Advis Hukum dan Pembuatan Dokumen bagi terdakwa atau pihak yang bersengketa keperdataan di Pengadilan Negeri Pinrang, tetapi lebih dari itu Yayasan Rumah Hukum Lasinrang dapat memberikan Edukasi, Pemahaman dan Pencerahan di masyarakat Pinrang tentang Hukum dan segala Aspeknya karena Putera Puteri Daerah Pinranglah yang sangat memahami culture masyarakat Pinrang sehingga dengan edukasi dan pemahaman masyarakat tersebut dapat tercegah melakukan Pelanggaran Hukum dan Tindak Pidana. Dengan memegang prinsip yang universal dalam aspek penegakan hukum yakni “LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGHUKUM”.

IMG 7439 FILEminimizer

Mengakhiri sambutannya beliau meminta dengan hormat kepada Bapak Bupati Pinrang untuk memberikan sambutan sekaligus menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama Layanan Pos Bantuan Hukum Pengadilan Negeri Pinrang dengan Yayasan Rumah Hukum Lasinrang.

Acara ditutup pada pukul 11.00 WITA dengan pembacaan doa yang dilanjutkan dengan makan siang bersama.

A- A A+

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1